Sunday, January 27, 2008

BukanMerekaTapiKami?

Sekitar 1,5 tahun yang lalu saat aku masih menjadi seorang trainee, aku sering mendengar komentar-komentar miring tentang orang-orang yang menempati posisi seperti posisiku saat ini. Saat itu hampir semua orang (terutama management team) selalu berkata bahwa mereka semua tidak capable dan tidak bisa diharapkan. Saat itu alam bawah sadarku pun men-judge bahwa mereka memang seperti yang dikatakan orang-orang.
Sampai tiba saat aku bergabung dengan team ini. Awalnya aku masih berfikir bahwa mereka tidak memiliki kinerja yang bagus. Namun dengan beriringnya waktu aku mulai menyadari satu hal yang membuatku takjub. Orang-orang ini adalah orang dengan dedikasi super tinggi, dengan semangat belajar luar biasa, dan dengan ketangguhan di luar batas. Buat mereka pekerjaan adalah hidup mereka.
Sampai sekitar pertengahan bulan ini, aku mendengar pimpinan pabrik ini mengatakan di depan banyak orang (yang mungkin merupakan opportunity bagi kami di masa yang akan datang)-tapi bukan di depan kami, bahwa kami semua tidak ada yang “bagus”. Sebuah komentar yang menyakitkan bahkan cukup menohok mengingat siapa yang mengucapkannya.
Sekarang, melewati milestone ini aku mulai bisa memikirkannya. Bagaimana orang bisa berkomentar jika mereka tak pernah mencoba mengenal kami. Bagaimana orang bisa menyerang jika tidak pernah mengatakan apa yang mereka harapkan dari kami. Bagaimana orang bisa mengkritik jika kritik itu hanya diucapkan di belakang kami, tanpa pernah mensharenya pada kami. Untuk beberapa dari kami bagaimana orang bisa mengharapkan sesuatu yang tidak mungkin jika perusahaan tidak pernah memberikan bekal yang cukup untuk perform.
Ya.. Sekarang aku cukup percaya diri mengatakan KAMI, bukan MEREKA lagi. Karena aku adalah bagian dari orang-orang berkomitmen.

I've come to believe that each of us has a personal calling that's as unique as a fingerprint - and that the best way to succeed is to discover what you love and then find a way to offer it to others in the form of service, working hard, and also allowing the energy of the universe to lead you.
-Oprah Winfrey-

No comments: