Wednesday, January 16, 2008

Hometown

Setiap mendengar kata “hometown” pasti langsung terlintas kenangan-kenangan masa kecilku. Juga sensasi yang kurasakan saat pertama kali menginjak lagi kampung halamanku setelah jauh merantau – biasanya di musim liburan dan lebaran. Sekarang aku mau bercerita tentang kampung halaman yang kucintai ini.

Kota kecilku terletak di kaki 2 gunung berapi aktif di Jawa Tengah yaitu gunung Merbabu dan Merapi, 25 km di sebelah barat surakarta. Meskipun terletak di antara pegunungan namun landscape-nya mayoritas berupa dataran rendah dan perbukitan yang tidak terlalu terjal.



Kota kecilku ini dikenal sebagai Kota Susu, karena memang kota ini merupakan sentra penghasil susu terbesar di Jawa Tengah. Kata salah seorang temanku yang suka minum susu, susu dari kotaku ini sangat enak, bahkan lebih enak dari pada susu Lembang, Bandung. Karena banyaknya peternakan sapi di daerah ini, maka banyak sekali makanan dairy based yang menajadi oleh2 khas, seperti abon, paru, kerupuk susu, dan tentu saja susu segar. Kalo kalian berjalan2 di kota Solo, maka di tenda2 di sepanjang jalan kalian akan menemukan penjual susu segar dengan nama kotaku tercetak di tendanya.

Mata pencahariaan penduduk di kotaku mayoritas adalah peternak dan petani. Produk pertenakan selain sapi adalah ayam dan ikan air tawar. Sedangkan produk pertaniannya yang paling besar adalah tembakau, cengkeh, kopi, kelapa, pepaya, teh dan tentu saja sayur2an.

Alam di kotaku masih sangat natural, tanpa polusi dan asap industri. Di kota ini ada jalur wisata pegunungan yang cukup terkenal dengan ladang sayuran luas dan bunga-bungaan, kebun teh, juga sentra industri tembaga yang sudah sangat tua. Di kotaku terdapat banyak mata air alami yang digunakan sebagai tempat pariwisata. Di beberapa tempat, mata air ini juga digunakan sebagai wisata pemancingan, restoran terapung, dan kolam renang.

Di kotaku ada juga waduk yang bisa digunakan sebagai tempat wisata water sky. Di waduk ini ada pemancingan dan floating restaurant. Waduk ini disebut waduk Cengklik yang letaknya dekat dengan Bandara Adi Sumarmo yang terletak di kotaku juga. Selain waduk Cengklik ada pula Kedung Ombo, yang menyediakan wisata hutan dan wisata air dengan fasilitas pemancingan, restoran, bumi perkemahan, dan lain-lain.

Jadi, berminatkah anda mengunjungi kota kecilku yang bernama Boyolali? Jika anda mencari kesegaran alam yang benar2 natural, jauh dari keramaian kota. Dengan culture penduduk pedesaan, anda boleh berkunjung ke sini. -promosi dikit boleh dong-

No comments: