Friday, June 27, 2008

FindingAParadise


Kemarin aku nemenin kakakku ke Cilacap Jawa Timur, karena dia ada urusan di sana. Ternyata kami terlalu cepat sampai di tujuan dari waktu yang dijanjikan. Karena itu begitu kami melihat ada plang bertuliskan pantai Klayar 15 km, kami segera memutuskan untuk mencoba mengunjunginya. Saat itu pikir kami “ah paling 15-20 menit nyampai”. Akhirnya dengan modal nekat kami mencari pantai tersebut.


Ternyata oh ternyata jalannya sangat berliku, berbahaya, dan keadaannya jelek sekali, sehingga kami hanya bisa jalan dengan kecepatan maksimal 20 km/jam. Jadilah 1 jam kurang sedikit kami baru nyampai.


Dan ternyata setelah sampai di sana “Subhanallah” tak henti aku mengucapkan kata syukur kepada Allah. We’ve found a paradise. Ternyata pantainya sangat indah, luar bisa indah. Meskipun pantainya kecil. Dan kami adalah satu-satunya pengunjung di pantai ini. Serasa punya pantai pribadi.


Airnya berwarna biru jernih dengan pantai pasir putih yang dihubungkan dengan karang-karang kecil ke arah laut. Pantai dibentengi oleh karang besar di sebelah kanan dan kirinya. Pohon kelapa berjajar dengan rapi di jalan menuju pantai. Deburan ombaknya besar dan bergemuruh, khas pantai Selatan. Pantai yang sepi membuat pengunjung bebas menikmati keindahan alam tanpa mendapat gangguan yang tidak diinginkan.


Namun karena saat ini ombak pantai selatan sedang menggila kami tidak terlalu berani mendekat ke air. Kami hanya berjalan-jalan dan mengambil photo. Hanya sekitar setengah jam kami di sana karena kami ada janji dengan orang lain.


Sayang sekali sepertinya pantai ini tidak terlalu medapat perhatian dari Pemda, terutama jalur transportasi (jalannya benar2 hancur dan tidak ada kendaraan umum yang disediakan). Untuk menuju pantai memang harus menggunakan kendaraan pribadi, tapi menurutku lebih enak menggunakan motor, karena jalannya berliku, kadang sempit, dan menembus bukit kapur. Tapi beratnya perjalanan yang harus ditempuh mendapat ganjaran yang sangat pantas. Menurut penduduk setempat, pantai ini biasanya ramai dikunjungi pada hari Minggu.


If you come to Pacitan, don’t forget to visit Pantai Klayar and find a paradise, like I did.

No comments: