Friday, April 4, 2008

MyLongHoliday_Part 3

Ternyata liburanku kali ini agak menyimpang dari rencana semula. Beberapa acara gagal dilakukan, seperti reunian dengan teman SMA dan wisata ke Borobudur/Ulen Senatalu/Semarang. Aku memang jadi pergi ke Yogya tapi untuk menemani saudaraku yang datang dari Jakarta untuk berbelanja baju batik di Pasar Bering Harjo. Selain belanja di Pasar Bering Harjo kami juga pergi ke toko souvenir Norita. Aku baru sekali ini ke sana, ternyata barang-barangnya cukup lucu dan antik, dengan harga terjangkau. Di toko ini bisa ditemukan kreativitas manusia dalam memanfaatkan barang-barang yang valuenya kurang menjadi komoditas dagangan yang menarik, seperti alas meja dari lidi, dll.

Oh ya sekarang di Yogya juga ada busway seperti di Jakarta tapi dengan ukuran bus dan halte yang lebih mini. Kalau melihat rute-nya sie kayak-kayaknya busway ini lebih dimaksudkan untuk transportasi wisata (ada hubungannya-kah dengan Visit Indonesia 2008?) daripada untuk menyediakan transportasi non macet-secara di Yogya tidak ada jalur khusus busway seperti di Jakarta yang makan sebagian jalan.

Di salah satu hari liburku aku sempat pergi ke Prambanan. Meskipun aku pergi di hari senin, tapi Prambanan cukup ramai. Selain wisatawan lokal, ada beberapa wisatawan Eropa dan Jepang. Sayang beberapa bagian candi sudah rusak akibat waktu dan cuaca. Namun kerusakan terberat disebabkan karena gempa tahun lalu. Di beberapa tempat terlihat aktivitas renovasi, selain itu sekarang wisatawan tidak boleh terlalu dekat ke candi apalagi masuk ke dalamnya-ada pagar besi yang membatasi. Tapi hal ini memang wajar dilakukan mengingat saat ini area candi kurang safe karena masih ada kemungkinan jatuhnya bagian candi.

Sayangnya obsesiku buat nonton Sendratari Ramayana/Ramayana Ballet tidak kesampaian – soalnya sekarang musim hujan jadi pertunjukannya indoor – yang menurutku tidak semenarik pertunjukan out door dengan latar belakang candi prambanan di bawah sinar bulan.

No comments: