Friday, November 30, 2007

ParodiBisnis



Lucu dan miris ....

Itulah hal pertama yang terlintas di kepalaku Kamis tanggal 22 kemarin.

Baru sekitar 4 bulan yang lalu aku menempati posisiku saat ini setelah selama setahun sebelumnya aku menjalani masa traineeship di perusahaan tempatku bekerja sekarang.

Dan tiba-tiba aku dan teman-teman sejawatku dipanggil oleh pihak management yang mengatakan bahwa perusahaan akan mengadakan restrukturisasi. Dan aku adalah salah satu orang yang terkena dampaknya.

Aku tidak akan dibuang begitu saja, setidak-tidaknya aku akan dibuang dengan cara yang cukup elegan namun memalukan. Jika aku mau tetap bekerja di sini aku diharuskan untuk melamar lagi seolah-olah aku orang luar yang ingin bekerja di sini. Itu mungkin hal yang wajar jika saja posisi yang kulamar bukanlah posisi yang kutempati saat ini. Mereka bilang mereka akan melakukan seleksi lagi. Tes lagi, interview lagi. Proses panjang yang berbelit-belit, seperti saat aku ikut recruitment di beberapa perusahaan sebelum ini, bedanya aku tidak perlu cuti atau mangkir.
Beberapa kolegaku memilih untuk melawan management, dengan meminta bantuan serikat pekerja. Beberapa yang lain memilih untuk mengalah karena sebenarnya selama ini mereka juga sudah lelah.
Hatiku terluka, egoku tergores. Namun apalagi yang harus kulakukan ? Apakah aku punya pilihan lain ? Aku sudah lulus 2 tahun lalu, namun sayangnya aku belum punya experience yang cukup berarti.
Saat ini, kukalahkan egoku dan aku terus maju. Demi sesuatu yang kurencanakan di masa depan, yang tidak mungkin aku tinggalkan saat ini.
Apakah benar langkah yang kuambil ini ? yaitu untuk berkompromi ? Apakah aku akan lolos lagi ? Kalaupun aku lolos, akankah aku lolos dari jeratan yang jelas terlihat di depan ?
Cause I know that they already have names.