Sunday, November 11, 2007

TheyCallThemBlueCollarPeople-1


Orang-orang ini adalah sumber inspirasiku. Melihat mereka bekerja siang malam (kadang selama 12 jam per hari) dengan upah minimum kadang mengingatkanku betapa beruntungnya aku. Orang-orang inilah yang membuatku mensyukuri hidup yang kumiliki.
Di saat kelelahan menghinggapi wajah mereka, mereka masih bisa tersenyum dan menyapa dengan ikhlas saat bertemu dengan ku. Kadang mereka memang mengeluhkan nasib mereka, namun akhirnya mereka akan mengucap syukur karena mereka masih beruntung dibandingkan angkatan kerja seusia mereka yang lain.
Setiap aku menginterview slah satu calon anak buahku, hatiku selalu miris. Bagaimana tidak, setiap kutanya motivasi mereka pasti tidak jauh-jauh dari alasan menyambung hidup. Aku jadi ingat pengalaman interviewku sendiri, dimana aku akan menceritakan harapanku ke depan, karir yang ingin kumiliki, serta kesuksesan yang ingin kuraih. Sedangakan mereka? boro-boro ngomongin karir, mereka memiliki konsep yang sangat sederhana mengenai kesuksesan -bisa menyambung hidup dan syukur-syukur bisa ngirimin bapak-ibu di kampung-
Lama kelamaan mereka sudah tidak kuanggap sebagai anak buahku, namun lebih seperti anakku sendiri, sehingga panggilan Ibu yang mereka berikan untukku, yang dulu membuatku BT (emang gw setua itu?) menjadi salah satu hal yang kurindukan dalam pekerjaanku.
Kebanyakan dari mereka masih sangat muda 18-22 tahun-an. Saat seumur mereka aku masih begitu naif, bingung mencari jati diri, bergulat dengan kebahagiaan masa kuliah. Dan mereka sudah memikirkan "bulan ini aku dapat overtime berapa".
Beberapa dari mereka sudah bapak-bapak, dengan 2 atau 3 orang anak. Setiap aku menghampiri mereka, mereka akan menceritakan tentang istri dan anak2 mereka.
Bergaul dengan orang-orang ini memberiakan warna baru dalam hidupku.
Kuakui, keberadaan mereka merupakan salah satu alasan mengapa aku mencintai pekerjaanku.
Namun, ada beberapa hal yang tidak aku setujui dari gaya hidup mereka ....
will be continued....

1 comment:

ganDA RAHman garNADI said...

kerah baju saya biru juga lho sekarang... baru lho. terinsipirasi nggak?