Sunday, November 4, 2007

WhatIReallyWant????


Tadi sebelum berangkat ke pabrik, sempet liat acara di TV. Aku gak tahu judulnya apa tapi semacam acara ispiring moment gitu. Nah kan nara sumbernya Mario Teguh tuh? Trus dia ngebahas masalah "What You Really Want In Life?". Wah nonjok nie pertanyaannya ...
Karena kayaknya aku emang gak seriously mikirin satu pertanyaan ini.

Trus sambil siap-siap aku mencoba memikirkan jawaban untuk pertanyaan Mario Teguh. "What I really want in life?"

Dulu waktu aku masih kecil aku pengennnnnnnnn banget jadi dokter, sampe bela-belain ikutan relawan dokter kecil yang kerjaannya ngurusin temen yang mimisan, sakit perut, dan laen2 penyakit anak SD, dan akhirnya end up dengan pacaran ma mahasiswa FK (dah lama banget, tahun 2001 gitu??).

Trus ketika aku terdampar di jurusan teknik dan gak suka sama hal-hal yang berbau teknik akhirnya aku memutuskan untuk berkarir di dunia Marketing sampe-sampe saat awal-awal apply kerja aku selalu apply untuk posisi di area marketing-dan semuanya DITOLAK (aku gak tahu saat itu kepalaku kepentok apa ampe bener-bener gak nyambung gitu).

Trus waktu teman-temanku yang cum laude berbondong-bondong kuliah S2 di luar negri, aku ikut-ikutan juga (meskipun aku gak cum laude), dan dapet tawaran beasiswa di Malaysia. Dan aku putuskan untuk tidak mengambilnya (thanks God!!! liat aja yang Malaysia lakukan ke aset budaya negara kita).

Kemudian saat teman-temanku sedang demam kerja di Oil Industry aku ikut-ikutan ngejer-ngejer karir di bidang oil. Dan wal-hasil aku DITOLAK juga.

Trus saat liat salah satu temen cewek-ku kerja di OFF SHORE aku ngerasa dia itu kereeeeeen banget dan aku jadi pengen juga. (Menurutku keren sekali bisa merasakan sesuatu yang orang lain jarang rasain di area yang sangat demanding dan challenging). Sampe-sampe aku apply di pertambangan (area yang tidak pernah kupikirkan sebelumnya). Sekali ini aku tidak ditolak.

Trus sekarang aku sudah 1,5 tahun-an berkecimpung di dunia Food Tech. Dunia yang saat kuliah dulu sangat kubenci (melebihi mata kuliah teknik yang lain). Sekarang aku harus belajar membedakan mana hard wheat dan soft wheat, bertanya-tanya apa itu damage starch(kayaknya aku pernah denger ada yang ngomongin waktu kuliah dulu), apa yang terjadi saat ammonium bicarbonate mendapatkan perlakuan panas, membahas toksin yang dihasilkan Staphylococcus Aurelius .... Argh ........

Dan ternyata, Damn I Like My Job !!! Yeah it sounds so weird but I do love my job. Bukan karena pekerjaan ini lagi ngetrend, bukan karena pekerjaan ini memberikan gaji yang besar, bukan karena teman-temanku banyak yang bekerja di sini, bukan juga karena pekerjaan ini keren. Karena pekerjaanku jauh dari alasan-alasan itu.

Jadi ada satu pembelajaran yang aku ambil dari ini semua. Semua sudah ada yang mengatur, saat manusia berusaha di sanalah berkah itu tersimpan. Dan untuk menjadi bahagia adalah pilihan bukan apa kata orang. Manusia punya tempat masing-masing dimana dia akan bahagia.

So, What I really want in my life ???

I just want to be happy
As an ordinary woman

3 comments:

Anonymous said...

Selamat ya Wah...You love your Job...In my opinion, yang terpenting memang menyukai apa yang kita kerjakan (bukan sekedar mengerjakan apa yang kita sukai...:)plus menikmati setiap momentnya.Meureun...

*fuhh...Pengen nulis ttg milestone dan tujuan hidup tapi blom kesampean nih...Masih ngumpulin smangat...
Thanks for the spirit Wah...

UswaH said...

Amin...

Makasih juga ya By. Semoga bisa mempertahankan semangat ini.

Jimmy said...

Uswah,
Kamu persis seperti anak kecil yang tergila-gila dengan coklat; dan mamamu tahu bahwa kamu harus minum susu dan makan coklatnya harus dikontrol, supaya gigi nggak keropos dan enggak kegemukan.
The point is, entah kenapa dan bagaimana, ada yang tahu apa yang benar2 kita butuhkan, kita sukai, dan kita inginkan dibanding apa yang menjadi obsesi kita yang sebenarnya fake, dan "dia" benar2 memberikan itu pada kita pada saat yang tepat.
Kalo lu bener2 suka foodtech, ayo ngapply food tech di Wage donk. Udah tiga kali gua denger kalo foodtech di wage is the best in Europe and the second in the world, after Cornell in US. Hehe.. gatau bener gatau gak...dan ga ada niatan buat nyombong loh.

JIM